Contoh Katalog Buku Perpustakaan Format Word

Contoh Katalog Buku Perpustakaan Format Word

Google Edukasi - Katalog Buku Perpustakaan wajib dimiliki dan dibuat sekolah (pustakawan) untuk memudahkan dalam pencarian buku bila ada konsumen mencarinya, baik berdasarkan judul, pengarang, peberbit dan tahun peluncurannya.

Definisi Katalog 

Katalog berasal dari bahasa Indonesia berasal dari kata Catalog dalam bahasa Belanda, serta Catalogue dari bahasa Inggris. Istilah katalog itu sendiri berasal dari frase Yunani Katalogos. Kata bermakna sarana atau menurut, sedangkan logos memiliki berbagai arti seperti kata, susunan, alasan dan nalar. Jadi katalog dari segi kata bermakna sebuah karya dengan isinya disusun menuruit cara yang masuk akal. Menurut sebuah simpanan rencana atau hanya berdasarkan kata demi kata.(strout 1957)

Beberapa definisi katalog menurut ilmu perpustakaan dapat disebutkan sebagai berikut :
Katalog berarti daftar berbagai jenis koleksi perpustakaan yang disusun menurut sistem tertentu.(Fathmi, 2004)
  • A catalogue is a list of, an index to, a collection of books and/or other materials. It enables the user to discover : what material is present in the collection, where this material may be found. (Hunter)
  • suatu daftar yang sistematis dari buku dan bahan-bahan lain dalam suatu perpustakaan ,dengan informasi deskriptif mengenai pengarang, judul, penerbit, tahun terbit, bentuk fisik, subjek, ciri khas bahan dan tempatnya. (Gates)
  • katalog perpustakaan adalah daftar buku atau koleksi pustaka dalam suatu perpustakaan atau dalam suatu koleksi. (Sulistyo Basuki, 1991)
  • Katalog perpustakaan merupakan suatu rekaman atau daftar bahan pustaka yang dimiliki oleh suatu perpustakaan atau beberapa perpustakaan yang disusun menurut aturan dan sistem tertentu. (Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan, 2003)
Sedang mencari buku di perpustakaan
image : freepik.com

Fungsi Katalog

  • Memungkinkan seseorang menemukan sebuah buku yang diketahui dari pengarang, judul atau subyeknya.
  • Menunjukkan apa yang dimiliki suatu perpustakaan oleh pengarang tertentu, pada subyek tertentu, dalam jenis literatur tertentu.
  • Membantu dalam pemilihan buku berdasarkan edisinya atau berdasarkan karakternya (bentuk sastra atau berdasarkan topik)
Sumber : donyprisma
Jika Bapak/Ibu pustakawan membaca fungsi dari Katalog itu sendiri maka betapa sangat penting dan bergunanya untuk dibuat di Perpsutakaan Sekolah. Langsung saja bagi yang berminat dan membutuhkan formatnya kami sediakan melalui link dibawah ini :
Baca Juga
Contoh Katalog Buku Perpustakaan Format Word semoga berguna serta bermanfaat yang untuk anda semua dan termasuk kedalam Kategori pencarian Administrasi Perpustakaan, Microsoft Word.

Artikel Favorit

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]